Perbaikan Raket Nyamuk

Peralatan raket nyamuk merupakan suatu alat pembasmi nyamuk yang memanfaatkan aliran listrik tegangan tinggi, cara kerja alat ini adalah mula -mula sumber tegangan yang berasal dari baterai (tegangan yang masih rendah) dinaikan hingga ribuan volt menggunakan rangkaian inverter, komponen utama pada inverter adalah transistor dan trafo ferit, tegangan tinggi tercipta dari osilasi transistor dan menginduksi trafo,

tegangan tinggi hasil keluaran dari inverter disalurkan pada jala-jala yang tersusun 3 lapisan dan hasil keluaran inverter juga ditampung pada capasitor tegangan tinggi, ketika terdapat suatu benda yang menggandung konduktor diantara jala maka inverter dan capasitor akan membuang muatanya pada jala tersebut dan terjadilah loncatan api listrik.

Bagian serta fungsi komponen yang ada pada raket nyamuk :

1. Saklar atau konektor, sebagai penghubung
2. Rangkaian charger, untuk mengisi ulang baterai
3. Baterai, sebagai sumber tenaga yang dapat diisi ulang (biasanya baterai jenis Ni-Cd 2.4 Volt dan ada juga yang menggunakan baterai Ni-Mh 4 Volt)
4. Rangkaian inverter, untuk menaikan tegangan extra tinggi sehingga dapat menghasilkan loncatan api listrik
5. Jala, sebagai penyalur tegangan dan perangkap nyamuk


Dengan mengetahui bagian - bagian yang ada pada raket serta fungsinya maka akan lebih mudah mengetahui jika terjadi kerusakan pada alat tersebut, meskipun harga raket nyamuk saat ini sudah sangat terjangkau, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba memperbaiki terlebih dahulu, apalagi bagi yang suka dunia elektronika bisa sebagai bahan percobaan dan pelajaran tentang elektronika dalam mencari sumber kerusakan serta cara memperbaikinya.

kerusakan yang sering terjadi adalah listrik yang dihasilkan lemah atau bahkan tidak ada sama sekali, untuk mengatasinya periksa kondisi saklar (no 2 dan 3) dari kemungkinan karat yang membuat aliran tegangan baterai terhambat dan periksa kondisi baterai (no. 1) dari kemungkinan drop atau daya tampung sudah melemah.
  1. Unknown

    Unknown

    29 Agustus 2014 pukul 10.32

    trims infonya gan .. untuk nilai capasitor dan resistor sebagai charging 2 batt sebelum dioda bridge berapa gan ...

Komentar dengan baik, sesuai topik, pakai nama, tulis kata dengan lengkap, Komentar ditinjau sebelum terbit, terimakasih sudah berkunjung, atau tanyakan Di Forum Fanselektronic