Saturday, December 31, 2011

Solusi Bluescreen Karena Modem

Modem atau modulasi demodulasi adalah suatu alat komunikasi dua arah dengan mengubah sinyal digital menjadi analog dan analog menjadi digital, sebuah komputer dapat terhubung pada jaringan internet dibutuhkan peralatan transportasi pembawa untuk mengirim dan menerima data dan peralatan tersebut salah satunya dengan menggunakan modem. Seiring berkembangnya teknologi dan pesatnya persaingan membuat harga modem terjangkau dan tersebar luas.

bicara tentang modem pernahkan dibuat jengkel karenanya ?
yup..!! mungkin ada yang pernah / sedang mengalami, punya modem baru namun tidak bisa dipakai karena setiap konek atau ditancapkan pada laptop maupun pc jadi lambat dan akhirnya BSOD alias layar jadi bluescreen.
hem.. memang menjengkelkan..!!
banyak penyebab terjadinya bluescreen diantaranya :

 -  Dari System :
  1. Kehilangan salah satu file DLL pada windows (akibat terkena virus atau salah dalam menginstal software)
  2. Driver atau hardware tidak sesuai (kesalahan dalam menginstal driver seperti vga, sound device, wifi, lan, card, dll)
  3. Kerusakan system registrasi
  4. Pemaksaan dalam penggunaan komputer (menginstal program atau aplikasi yang tidak rekomended / tidak sesuai dengan spesifikasi )
-  Dari Hardware:
  1. Mainboard / memory overheat.
  2. Hardware tidak support
setelah melakukan beberapa kali percobaan dan mecari kesalahan, dari instal ulang window, update driver, dll masalah bluescreen belum bisa teratasi, sampai akhirnya menemukan titik terang juga penyebab terjadinya bluescreen saat menggunakan modem.
dari hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa tidak ada kesalahan dari system maupun kerusakan hardware tetapi penyebab terjadinya bluescreen karena spesifikasi modem tidak sesuai dengan laptop maupun pc.

spesifikasi yang dimaksud adalah kebutuhan arus tegangan modem lebih besar daripada yang disediakan motherboard (terlihat jelas dengan menggunakan Amperemeter) sehingga laptop kekurangan arus / drop dan mengakibatkan kinerja lambat dan akhirnya BSOD.

memang dari berbagai macam keluaran modem ada beberapa merk dan tipe modem yang membutuhkan supply arus yang besar sehingga tidak semua laptop bisa support. dan tentunya dengan kebutuhan supply arus yang besar bisa berefek pada laptop seperti overheat / suhu laptop cepat panas bahkan terlalu panas. terjadinya overheat karena beban berlebih pada motherboard terutama komponen stabiliser supply 5V. jika hal ini terjadi terus menerus dan berlangsung lama bisa mengakibatkan short dan motherboard rusak.

untuk itu pada kesempatan ini dan bertepatan dengan malam tahun baru saya ingin berbagi beberapa solusi untuk mengatasi bluecreen karena modem.

  • cara pertama
Bungkar modem dan putus jalur vcc 5v kemudian tambah dan serikan sebuah resistor ( sesuaikan nilai dengan kebutuhan antara 0,47 - 10 Ohm)

lihat gambar








  • cara kedua
Alternatif lain dan lebih mudah gunakan kabel sambungan port USB dengan panjang lebih dari 5 meter.










kedua cara diatas bertujuan untuk mengurangi arus yang dibutuhkan oleh modem sehingga mampu disupply oleh laptop / pc.

2 comments:

Anonymous said...

Thank you for the solution

Mukhlis said...

ini yang ane cari gan berulang2 gak mau instal modem juga -_-

Post a Comment